File:Flag of NATO.svg

Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO ( North Atlantic Treaty Organization ) adalah sebuah badan militer  atau organisasi internasional yang dibentuk untuk keamanan bersama pada tanggal 4 April 1949 di Washington.
NATO awalnya dibentuk oleh 12 Negara Amerika Utara dan Eropa atas prakarsa dari pemerintah Amerika Serikat untuk menandingi kekuatan Pakta Warsawa yang dibesut Uni Soviet kala itu pada saat perang dingin terjadi.
NATO memiliki pasal utama yaitu pasal V yang berbunyi : 
Para anggota setuju bahwa sebuah serangan bersenjata terhadap salah satu atau lebih dari mereka di Eropa maupun di Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota. Selanjutnya mereka setuju bahwa, jika serangan bersenjata seperti itu terjadi, setiap anggota, dalam menggunakan hak untuk mepertahankan diri secara pribadi maupun bersama-sama seperti yang tertuang dalam Pasal ke-51 dari Piagam PBB, akan membantu anggota yang diserang jika penggunaan kekuatan semacam itu, baik sendiri maupun bersama-sama, dirasakan perlu, termasuk penggunaan pasukan bersenjata, untuk mengembalikan dan menjaga keamanan wilayah Atlantik Utara.
namun pada saat Uni Soviet terbelah dan bubar, NATO seperti kehilangan arah dan tujuan awalnya maka dari itu NATO mengganti tujuan utamanya dari menandingi Pakta Warsawa menjadi menjaga keamanan negara anggota dan mencegah perang seperti ada pada perjanjian tertulis yang dibuat NATO. Perjanjian tersebut juga menyatakan bahwa penyerangan terhadap negara anggota NATO di Eropa juga merupakan ancaman bagi Amerika Serikat.
NATO sekarang beranggotakan 28 Negara, negara - negara yang bergabung diantaranya negara pecahan Uni Soviet.

0 comments:

Post a Comment

 
Top